Gempa 7,4 SR yg terlupakan?

dalam litelatur Buddhis dikatakan
ketika sang Bhagavan Junjungan Dunia (Sang Buddha) lahir, membabarkan dhamma (kebenaran/realitas kehidupan) demi sumua makhluk dan kehidupan, bumi pun bergoncang keras, goncangan bahagia dan sukacita sang bunda pertiwi


Semua penduduk yang saat itu berada di Jakarta pasti belum lupa gempa semacam ini pernah terjadi? Tahun 2007 buan Agustus tanggal 9, Gempa yang sejatinya dapat meluluh-lantakkan Jakarta menjadi rata dengan tanah, ternyata tanpa seorang pun korban manusia dan tanpa kerusakan materi. 7,4 SR adalah ukuran yang dilaporkan oleh kantor berita CNN. Coba bandingkan dengan gempa Haiti yang 7.0 SR tahun 2010 cukup untuk meratakan istana negara Haiti dan menelan ribuan jiwa serta meluluhlantakkan bangunan2 diatasnya. Bahkan nampaknya stasiun TV di Indonesia terlau bingung untuk meliputnya, karena tidak ada kejadian yang cukup bisa untuk diberitakan selain seorang jatuh dari lantai atas dan masuk RS karena sedang memanjat (tidak sampai meninggal). Sampai-sampai berita ini hanya diketahui oleh mereka yang mengikuti berita yang di relies di CNN dan penduduk Indonesia dari Propinsi lain seolah tidak ada kenangan sedikitpun mengenai peristiwa ini. Mungkin karena tidak ada penjelasan logis mengenai gempa ini, karena bukan kategori tektonik (pergerakan kerak bumi) dan bukan pula vulkanaik (aktivitas magma dalam perut bumi). Sedang titik gempa 110 km di sebelah utara kota Jakarta.

Peristiwa ini tentunya bukan kebetulan. Saat itu di Indonesia sedang menyambut diadakannya Festival "Kasih Semesta" yang diadakan oleh INLA (International Loving Nature Association) yang ke empat, itulah sebab dari suka cita "sang bunda pertiwi" Bumi. Goncangan kebahagiaan sukacita alam seperti saat ketika "dhamma yang agung" akan dibabarkan. Dengan cara yang sangat berbeda sekali lagi kebenaran tenantag kasih yang melampaui gap perbedaan agama, kebangsaan, ras, suku, tua-muda, segala status kembali dibabarkan lewat tembang kasih semesta, tarian kasih semesta dan senam sehat kasih semesta.

sebagai info tambahan:

http://alaskareport.com/news/z46517_quake_indonesia.htm
Gempa bumi besar 7,4 hits Jakarta, Indonesia
August 8, 2007 8 Agustus 2007

gempa dalam pandangan buddhis:

http://www.dhammacakka.org/index.php?option=com_content&task=view&id=125&Itemid=99
File Under:

0 komentar:

Amazon Deals