Bagaimana cara bilang "tidak" kepada orang tua

topik ini saya dapat ketika beberapa sahabat baik saya merasa terpaksa nuruti kehendak orang tua nya, menjalani jalan yang ditentukan ortunya... dan merasa frustasi n gak bahagia...


bukan ngajari durhaka...
tapi kadang ada beberapa jenis orang tua yang kurang bijak dalam mendidik anaknya...

ketika orang tua menginginkan kita untuk menjadi seorang dokter, namun kita lebih berminat menjadi seorang musisi??

namun di sini saya tegaskan lagi, cara ini hanya untuk orang-orang yang telah mantap pada pilihannya, tidak lagi ragu-ragu. sudah bulat tekad dan bersedia untuk menaggung segala resiko jalan hidup yang dipilih sendiri....

kalo gak???

yah 乖乖听话 nurut aja ama maunya ortu...
mumpung jadi anak masih bisa nyenagin ortu, masih bisa berbakti, kalo ortu dah gak ada siapa yang mau urus loe???
jadi gak usah terus baca bagian ini ha ha...


tapi kalo udah tekad bulat...
mesti menang tanpa buat papa mama kecewa donx... kan kacian ama papa mama yang udah memberikan kasih dan perhatian yang sangat besar...

penyampaian harus pilih saat yang tepat (saat ortu cukup bahagia dan santai), memakai intonasi dan mimik muka yang tepat, dan berdoa lah... ha ha

kira-kira dengan kalimat gini:

"pa/ma (P/M) saya sayang sama P/M, saya bersyukur dan bangga punya P/M yang begitu perhatian dan penuh kasih sayang, P/M yang selalu menginginkan saya untuk menjadi yang terbaik dan memberikan saya yang terbaik yang bisa P/M berikan, senantiasa berpikir untuk kebahagiaan saya. sebelumnya saya minta maaf karena tidak bisa memenuhi keinginan P/M untuk kuliah jurusan kedokteran. saya tau P/M akan sangat kecewa, P/M berharap saya menjadi dokter dan mungkin P/M merasa saya akan bahagia menjalani kehidupan dimana setiap hari saya harus melihat orang-orang merintih, menangis dan putus asah? pernahkah P/M berpikir bahwa saya akan lebih bahagia jika saya dibiarkan memilih jalan hidup yang saya tentukan. P/M... saya sudah siap menerima semua penderitaan yang mungkin timbul dari jalan yang saya pilih. saya berharap P/M bisa memakliumi dan tetap mengasihi saya seperti sebelumnya... tentunya P/M tidak berharap suatu saat nanti saya menyesali hidup saya karena orang yang paling saya hormati dan kasihikan? (yaitu P/M)"

ah udah... ntar loe susun kembali sendiri...
pokoknya adalah mengungkapkan, inti sari dari keinginan orang tua agar loe bahagia, kasih orang tua, harapan-harapan, apa yang mungkin terjadi, dan apa yang telah kamu sendiri persiapkan...

ok??
selamat mencoba...

catatan penting
tidak untuk yang masih ragu-ragu akan jalan hidup yang akan ditempuh...
File Under:

0 komentar: