Makna Sejati Berdana Amal

ber-amal / berdana / bersedekah adalah praktek spiritual yang paling mendasar dan paling penting. namun cakupannya luas dan mendalam, ada yang gampang dilakukan, cukup senyum dan memberikan perhatian ataupun dengan sopan menyapa, sampai tingkat yang sangat tinggi dan ekstrim, mengorbankan/mendanakan segalanya... tentunya semua berpulang ke hati (niat dalam melakukannya)
  • berdana memupuk karama baik, kita semua mengerti bahwa kebaikan akan dibalas kebaikan dan sebaliknya. perhitungan balasan tergantung dari subjek (pelaku) dan objek (yang menerima) suatu perbuatan (karma).
subjek : misalnya ketika seseorang yang berpenghasilan 1,5 juta dapat mendanakan 500.000 itu merupakan jumlah yang besar dibandingkan dana sebesar 3 juta dari seorang yang berpenghasilan 3 milayar.

objek : misalnya anda memberikan dana berupa nasi kari kepada teman anda (menjamu makan siang) tentu sangat berbeda nilai amalnya dibanding yang diberikan kepada seorang tunawisma (gelandangan/pengemis).

waktu : memberikan sesuatu di saat seseorang sangat adalah sangat besar nilainya. misalnya memberikan segelas air untuk menghilangkan dahaga setelah perjalanan jauh dibawah terik sinar mentari.

  • berdana amal mengikis keegoisan diri, melatih diri untuk mampu merelakan
merelakan sedikit merupakan berkah. karena ketika seseorang meniggal dan didalam hatinya masih tidak mampu merelakan apa yang dimiliki, tentunya itulah yang sangat tragis.
selain itu dengan memberi kita melepar keegoisan kita. kemelekatan akan apa yang kita miliki. supaya kita diingatkan bahwa hanya "Sang Sumber" adalah pemilik dan penguasa segalanya. kita hanya "minjam" pakai.

itupun kalo kita meyakini keberadaan "Sang Sumber"

kalo anda ateis, yah boleh-boleh saja!!
anggaplah beramal itu meringankan beban orang lain, membantu sesama... mangkin dikenal dan makin baik relasi dengan orang lain. akhirnya sukses di tangan...

  • beramal pada tahap tertingginya adalah melampauii diri sendiri membuang semua keakuan dan menjadi tanpa aku...
dalam hal ini, beramal yah beramal gak usah mikir ada balasan apa. pokoknya saya senang memberi, senang melihat suka cita orang lain. bahkan tidak berharap untuk menikmati surga. hanya berharap semua makhluk bersukacita...


tulisan yang tidak sempurna ini semoga bisa sedikit berguna ha ha...





File Under:

0 komentar: